Pentingnya Anak Bermain Tanah

Ketika zaman semakin canggih, mainan bagi anak–anak semakin banyak rupa dan jenisnya. Tidak bisa dimungkiri bila mainan canggih untuk anak–anak sangat mudah kita dapatkan sekarang. Contohnya gadget yang bisa menampilkan banyak games yang dapat dimainkan oleh anak–anak untuk mengisi waktu luang.

Adanya mainan canggih membuat anak–anak jarang keluar rumah. Hal ini sangat berbeda dengan beberapa waktu lalu. Rata–rata di zaman dulu anak–anak lebih senang bermain di luar rumah. Belajar mengenai banyak hal secara langsung misalnya bermain di tanah. Meski tampak kotor, bermain di tanah untuk anak–anak sangat baik bagi tumbuh kembang mereka.

 

Tidak Usah Takut Kotor

Manfaat yang pertama, menurut laman Livestrong, bermain di tanah mampu membuat anak lebih berani. Anak akan lebih bisa menghadapi banyak hal. Selain itu bermain di tanah akan membuat anak lebih aktif dan mau bergaul. Anak–anak yang gemar keluar rumah akan lebih mudah berteman dan menerima orang baru dalam hidupnya.

Bermain di tanah juga bisa membantu pertumbuhan gerakan motorik karena anak–anak jadi lebih mengenal banyak bentuk, banyak warna, dan lain-lain.

Mengajarkan Anak untuk Selalu Bersih

Setelah anak bermain dengan tanah, orang tua harus menyuruh, atau memberikan instruksi untuk membersihkan diri dari tanah. Sehingga lambat laun anak akan terbiasa dengan proses bersih-bersih.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Di lingkungan yang higienis, anak tidak mendapat banyak paparan bakteri. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh mereka lemah, yang menyebabkan penyakit asma dan penyakit lainnya. Padahal, paparan awal mikroba di tanah dapat membantu anak-anak menjadi lebih kuat dan tahan penyakit.

Baik untuk otak

Tidak seperti bermain dengan gadget, anak bermain tanah bisa mengurangi radiasi untuk otak anak, sehingga prses kognitif anak akan jauh berkembang daripada bermain dengan gadget. Disamping itu juga, bakteri tanah terbukti membantu mengaktifkan fungsi otak yang lebih baik.

Relaksasi

Bermain lumpur membuat anak santai dan tenang. Bau lumpur dan mikroba di dalamnya membantu anak relaksasi dan membuatnya bahagia. Selain itu, ketika mereka bermain-main di lumpur dengan orang lain, akan membuat mereka tertawa dan mengurangi tingkat stres.

Peduli lingkungan

Banyak anak yang tak tahu betapa berharganya alam dan kadang anak bermain tanah itu takut. Jarang beraktivitas dengan tanah membuat perasaan anak dan orang tua menjadi demikian. Padahal, membiarkan anak-anak bermain di luar menciptakan kenangan indah dengan alam dan membuat mereka belajar melindunginya hingga dewasa.

Demikian. Semoga membantu.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.