Selalu Perhatikan Tempat Bermain Anak Anda

Bermain, merupakan salah satu bentuk aktivitas yang sangat disukai oleh anak-anak. Saling kejar, main petak umpet hingga main prosotan sungguh menyenangkan bagi dunia mereka. Bermain, selain mampu mengasah kreativitas anak, juga sebagai ajang pelatihan anak bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.

Sayangnya, saat ini tempat-tempat terbuka, seperti taman sebagai ruang bermain dan bersosialisasi makin tergerus. Di kota-kota besar, banyak ruang bermain anak telah disulap menjadi pusat perbelanjaan maupun perkantoran. Seiring makin menipisnya arena bermain bagi anak, sementara kebutuhan ruang untuk bermain tidak mengalami penurunan, tak pelak menumbuhkan lahan bisnis tersendiri bagi pemangku usaha untuk menyediakan arena bermain. Konsep belanja dan rekreasi mulai diusung oleh banyak pusat perbelanjaan/mal. Ini menjadikan mal tidak hanya sebagai tempat belanja, sekaligus tempat bermain yang nyaman bagi anak.

Arena bermain Anak

Tersebutlah arena bermain anak di pusat perbelanjaan/mal, di lokasi-lokasi strategis yang menyediakan sarana bermain dari yang klasik sampai modern bagi anak. Play ground, perosotan, mandi bola, komidi putar, happy animal sampai fliying fox indoor dan race zone yang menggunakan teknologi komputer.

Perkembangan bisnis ini makin pesat dengan potensi keuntungan yang menggiurkan. Masyarakat mulai memandang arena bermain anak yang tersedia di pusat perbelanjaan/mal menjadi sarana rekreasi menghabiskan akhir pekan keluarga alternatif selain obyek wisata luar ruang.

Secara kasat mata, arena bermain anak di pusat perbelanjaan/mal dengan segala prasarananya terlihat tidak bermasalah. Namun, bila diamati dengan seksama, ada arena bermain anak yang mengabaikan faktor keselamatan dan tidak memenuhi standar sehingga dapat membahayakan anak-anak. Dengan demikian, peran serta orang tua tetap dibutuhkan meskipun tempat bermain anak sudah benar-benar terlindungi.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.