Permen dan Anak

Sepintas kita sebagai orang tua, jarang sekali memperhatikan atau bahkan tidak yakin bahwa permen atau kembang gula itu bahaya untuk anak. Apakah benar permen itu berbahaya untuk anak? mari kita lihat selengkapnya.

Pendapat orang tua

Menurut sebagian orang tua, beberapa menganggap permen ini lebih banyak memiliki dampak buruk dibanding dampak baiknya. Kenapa demikian? bisa jadi alasan utamanya adalah faktor ekonomi. Di jaman sekarang ini yang serba sulit tentunya, alangkah lebih baik jika dibelikan untuk makanan atau kebutuhan lain ketimbang permen. Meskipun gemerlap warna dari permen dan iklan di TV sangat menggoda, namun hal itu sepertinya tidak terlalu berpengaruh jika ditarik kesimpulan dari faktor ekonomi.

Kandungan Permen

Di dalam sebutir permen ini ada kandungan beberapa zat yang dinamakan dengan sukrosa dan juga glukosa. Biasanya Sukrosa dan Glukosa ini bahan dasar utama permen pada umumnya. Sementara untuk sakarin atau siklamat, asam sitrat adalah bahan dasar untuk pemberi rasa dan alternatif dari sukrosa dan glukosa. Disamping itu juga permen sudah pasti mengandung zat pewarna dan beberapa tambahan zat lainnya. Jika, semua zat tersebut terlalu banyak dikonsumsi dalam tubuh tentunya akan berakibat tidak baik juga.

Kandungan Kalori

Apakah benar kandungan kalori didalam permen itu tinggi? Ternyata berdasarkan beberapa referensi permen hanya mengandung 20-30 kalori per butirnya. Ini berarti permen masuk kedalam golongan junk food.

Permen Merusak Gigi Anak

Seperti yang sudah dibahas dalam kandungan permen ini, jika permen ini bersisa di gigi atau menempel di gigi dalam kurun waktu yang cukup lama, maka ini sudah dapat dipastikan akan membuat lubang (caries) pada gigi. Kenapa demikian, karena kandungan gula yang tinggi mengakibatkan reaksi dengan air liur yang terus menerus sehingga ikut terkikis terhadap mahkota gigi. Maka dari itu, sudah dipastikan hanya dengan mengosok gigi yang teratur juga ditambahkan dengan asupan kebaikan dari kalsium dan vitamin D yang akan memperkuat gigi dan tulang si kecil.

Demikian artikel ini, semoga dapat membantu.

 

 

 

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.