Memberi Pujian Anak

Memberi pujian pada anak merupakan salah satu bentuk apresiasi yang sudah seharusnya didapatkan jika anak telah melakukan pekerjaan atau tugasnya dengan baik. Memberi pujian seperti ini sangatlah penting terutama dalam memberikan motivasi terhadap kegiatan anak. Setiap perkembangan anak pasti akan melalui kegagalan, (yang seringkali orang tua sebut) dengan kenakalan. Atau bahkan kesuksesan (yang sering kali orang tua lihat) sebagai suatu pencapaian prestasi.

Anak yang hiperaktif atau yang posesif seperti melamun bisa dikurangi dengan cara memberi pujian untuk setiap perintah orang tua yang meningkatkan rasa kesadaran terhadap lingkungannya. Pada dasarnya setiap anak ingin diperhatikan oleh lingkungannya. Ini merupakan suatu tantangan dari orang tua, supaya kita dapat “notice” terhadap tingkah sikecil. Mari kita simak satu persatu bagaimana cara memberi pujian pada anak dan balita.

Memberi Pujian untuk Balita

Sebetulnya, balita jangan dulu dibebani dengan pencapaian berat,seperti mulai berhitung ataupun mulai membaca. Untuk balita cukup diajarkan, semua menang, semua pemenang. Bisa dimulai dari pengajaran balita dengan cara pengenalan Huruf, pengenalan angka dan pengenalan nama. Dengan menunjukan sesuatu ini siapa kemudian kita koreksi jika salah tanpa emosi dan memberikan pujian jika benar dengan disusul pertanyaan lainnya. Hal ini memicu semangat anak untuk menambah rasa ingin tahunya sehingga anak tidak akan berhenti untuk mencapai sesuatu yang ia ingin ketahui.

memberi pujian cara lainnya adalah seperti kontak fisik diantaranya memeluk, mencium, dan menggendongnya merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap balita. Kontak fisik seperti ini akan membantu menambahkan rasa empati dan rasa sayang anak terhadap individu lainnya bukan hanya dengan orang tua.

Memberi Pujian untuk Anak-anak

Dalam hal pujian untuk anak diatas balita, biasa disangkut-pautkan dengan pencapaian atau prestasi yang telah dicapai. Misalkan juara lomba Menggambar, juara lomba Olimpiade sains, dan perlombaan lainnya.

Pujian yang harus dihindari

Terlalu memuji harusnya dihindari, seperti memuji anak didepan khalayak umum, kenapa? Karena hanya akan membuat anak menjadi angkuh dan sombong. Merasa segalanya hanya dia saja yang bisa mengerjakan. Alhasil, hanya akan membuat anak menjadi mentalnya jatuh apabila ada temanya yang bisa mengerjakan pekerjaan yang serupa.

Terlalu merendahkan didepan khalayak banyak pun sama demikian. Hendaklah kita benar-benar menyayangi anak bukan karena sombong atau didepan orang lain, tapi harus perhitungkan juga masa depannya.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan