Memanjakan anak dengan Tepat

Memanjakan anak dengan tepat kadangkala sangat sulit untuk dituruti. Kapan kita akan sangat lunak dan kapan kita sangat keras terhadap anak. Pastilah semua orang tua sayang sekali sama anak. Memanjakan anak merupakan impian semua orang tua. Tapi hati-hati, memanjakan anak tidak tepat memberikan dampak yang buruk bagi si kecil. Membuat si kecil lebih permisif.

Pengertian Permissif

Permissif adalah keadaan dimana anak lebih terbuka dalam mengutarakan keinginanya dan orang tua pun lebih menuruti apa yang diinginkan oleh si kecil. Sifat ini tentu tidak baik jika diterapkan untuk anak yang hiperaktif. Tapi untuk anak yang posesif cara ini bisa digunakan untuk digunakan untuk memancing impuls anak.

Menurut Eileen Hayes dalam bukunya Practical Parenting: Tantrums, anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua yang permisif akan tumbuh menjadi anak-anak yang tidak mandiri, tidak bisa memecahkan masalah, dan tidak bertanggung jawab terhadap tingkah laku mereka sendiri.

Karena selalu memperoleh apa yang diinginkan, akhirnya anak-anak ini akan tumbuh dengan keyakinan, kepentingannya sendiri jauh lebih penting daripada kepentingan orang lain. Ia pun bisa melakukan apa saja yang ia suka, dan orang lain harus mengalah. Bila perlu, ia tak akan segan untuk menunjukkan senjata andalannya, yaitu tantrum, agar keinginannya dituruti. Wah… .

Kesimpulan

Tidak mau anak yang Anda kasihi menjadi seperti ini? Terapkan pola pengasuhan yang tepat. Boleh saja peka terhadap kebutuhan anak, namun tetap terapkan batasan disiplin yang tegas agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab. Bila anak perlu ditegur dan ‘diluruskan’, mengapa Anda tidak melakukannya? Justru dengan melakukan hal itulah Anda menunjukkan kasih sayang Anda padanya.

Setiap orangtua pasti sayang anak, dan ingin selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak. Tapi, sayang bukan berarti harus selalu menuruti apa yang diminta atau diinginkan anak, lho! Bisa jadi Anda malah jadi memanjakan dan cenderung bersikap permisif. Sikap seperti ini sama sekali tidak dianjurkan karena justru bisa berdampak buruk bagi anak.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan