Ketika Anak Sakit Perut Diare

Melihat sikecil sakit apapun pasti sangatlah sedih, terutama ketika anak sakit perut. Ini bisa menjadi berbahaya ketika orang tua salah memberikan asupan makanan untuk anak. Makanan apa saja yang harus dihindari oleh anak yang sedang sakit perut? Simak selengkapnya.

Gorengan


Ini adalah yang paling harus dihindari, anak biasanya makan makanan disekitar yang digoreng ini sudah lazim. Seperti gorengan yang berkomposisi dari terigu. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan dengan kandungan lemak tinggi merupakan salah satu pemicu diare termasuk makanan yang dikonsumsi bersama krim dan mentega. Daging berlemak juga merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diare. Pilih makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengoleskan saus ringan dan sayuran.

Buah yang berasa Asam


Hati-hati nih untuk para orang tua yang memberikan buah-buahan berasa manis asam seperti Jeruk, Sirsak, dan buah-buahan lainnya. Rasa buat asam (sitrus) saat mengalami diare atau masalah pencernaan harus dihindari. Karena makanan tersebut yang kaya akan serat sehingga tidak cocok dikonsumsi penderita diare. Selain itu jeruk dan berbagai jenis buah sitrus lain bisa menimbulkan sakit perut atau mual pada sebagian orang yang terkena gangguan pencernaan.

Gula Biang / Sintetis

Natural sweetener sorbitol

Janga sekali-kali anak anda diberikan makanan yang mengandung gula sintetis. Mengkonsumsi gula sintetis seperti yang banyak digunakan pada permen terbukti dapat menyebabkan diare. Fungsi normal usus dapat terganggu hanya dengan mengkonsumsi 50 gram makanan yang mengandung gula buatan. Selain permen, gula buatan juga banyak digunakan dalam produk makanan ringan lain.

Demikian artikel ini, semoga dapat memberikan informasi yang baik serta semoga anak kita selalu dalam keadaan sehat. Aamiin YRA.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.