Imunisasi saat si kecil sakit

Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyakit. Pemberian imunisasi dapat membuat anak terhindar dari penyakit yang berbahaya sehingga tumbuh kembang anak dapat optimal.

Hanya saja dalam pemberian imunisasi, masih ada orangtua yang merasa khawatir bila imunisasi dilakukan ketika anak sedang demam, batuk, pilek, atau diare. Padahal saat itu mungkin anak sudah jadwalnya diimunisasi. Lantas, apakah boleh imunisasi tetap diberikan?

Sebetulnya, imunisasi aman diberikan pada anak yang sedang sakit ringan seperti demam, batuk, pilek, dan diare. Bahkan imunisasi juga aman bagi anak yang cacat dan kurang gizi. Imunisasi dalam kondisi anak seperti tersebut tetap efektif. Tubuh tetap dapat membentuk antibodi yang dibutuhkan. Di sisi lain, juga dapat melawan virus yang sedang menyerang tubuh. Jadi, imunisasi tidak akan melemahkan daya tahan tubuh anak.

Pada kondisi anak mengalami sakit berat seperti diduga terkena HIV positif, maka bisa dikonsultasikan pada petugas kesehatan. Petugas kesehatan yang terlatih dapat memberikan saran mengenai imunisasi.

Untuk orang tua hendaknya sudah tidak perlu khawatir lagi, karena imunisasi aman bahkan ketika si kecil sakit.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan