Cara memilih pakaian kaos untuk anak

Bagi anak-anak, kaos merupakan jenis pakaian yang paling mereka sukai ketimbang lainnya. Hal itu karena pemakaian kaos membuat mereka lebih nyaman menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sifat kaos yang simple tanpa banyak variasi modelnya, mendukung keleluasaan mereka ketika bermain.

Perhatian Orangtua

Walaupun kaos jenis pakaian yang disukai anak-anak, namun orangtua tetap harus memperhatikan pemilihan kaos untuk anaknya. Seperti yang kita ketahui, bahan pembuatan kaos itu ada bermacam-macam. Ada yang lembut dan ada yang kasar. Nah, kaos yang berbahan kasar inilah dapat mengakibatkan iritasi kulit pada anak-anak, hal itu bisa saja terjadi karena kulitnya masih sangat sensitif, berbeda dengan kulit orang dewasa.

Berdasarkan hal itu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tips-tips di bawah ini dirasa perlu bagi orangtua memilih kaos yang baik bagi anak.

Pilih kaos yang berbahan halus dan menyerap keringat

Kaos dengan bahan cotton combed 20s atau 30s bisa menjadi pilihan bagi anak anda. Tekstur kaos yang halus/lembut akan menjaga kulit anak anda dari iritasi, dan juga sifat kaos yang menyerap keringat mendukung keaktifan serta kenyamanan bagi anak saat bermain, membuat tubuhnya tidak gerah akibat keringat yang keluar.

Pilih kaos dengan warna cerah

Warna cerah memudahkan terlihatnya kotoran pada kaos yang dikenakan anak anda. Sehingga anda bisa segera menggantinya sebelum kaos yang dipakai bertambah kotor dan kotoran tersebut menempel pada tubuhnya. Kotoran yang menempel tentu mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan anak.

Pilih kualitas kaos yang tidak luntur

Kaos yang luntur berbahaya bagi anak-anak. Ditakutkan ketika bermain, pewarna pada kaos yang luntur mengenai tangannya dan mengenai ke benda-benda sekitar, misalnya makanan. Apabila tanpa sepengetahuan anda makanan yang telah tercemari pewarna kaos yang luntur tadi dimakan oleh anak anda, jelas itu bisa berakibat fatal.

Pilih model kaos yang simple

Simple di sini maksudnya, pada kaos yang dipilih tidak terlalu banyak varian model, yang justru akan membuat anak tidak nyaman memakainya, seperti terlalu banyak lipatan, atau penambahan gaya model aksesori yang rumit pada kaos.

Sesuaikan ukuran kaos

Kaos yang nyaman itu yang sesuai dengan porsi tubuhnya. Tidak terlalu besar tetapi tidak juga keketatan/sempit ketika dipakai oleh anak anda. Kaos yang terlalu ketat membuatnya sulit bergerak, akibatnya akan menghambat pengeluaran dan penyerapan keringat saat anak anda melakukan aktivitasnya. Sedangkan kaos yang terlalu besar (longgar) tidak menarik dilihat, bahkan terkesan lucu.

Pilih desain kaos yang meng-edukasi

Kaos bisa dijadikan media pembelajaran bagi anak anda, seperti tampak pada gambar. Tidak melulu anda harus memilih kaos dengan gambar tokoh superhero atau kartun meskipun semua itu mewakili jiwa kekanakannya. Sesekali ada baiknya anda pakaikan kaos yang memiliki tema-tema pembelajaran. Tepat sekali jika usia anak anda sudah mulai pandai mengerti banyak hal.

Kesimpulan

Oleh karenanya, memilih kaos pada anak-anak tetap harus memperhatikan beberapa aspek penting. Itu semua demi kenyamanan dan kebaikan pada anak anda. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari kaos untuk anak anda. Terima kasih.

Oleh : Roma Doni
Referensi : Kaospolosbandung.com
Sumber gambar : kedaipei.blogspot.com

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.