Anak tidak mau sekolah

Salah satu penyebab ketegangan anak masuk sekolah pada hari pertama adalah ketidaksiapan anak saat memasuki lingkungan sekolah baru. Keadaan seperti ini, biasanya dialami anak yang tidak menjalani pendidikan pra sekolah seperti play group. Bisa juga karena anak mempunyai sifat pemalu dan lambat dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Perasaan tegang, tidak nyaman dan takut bila dibiarkan bisa berakibat negatif bagi anak, seperti mengalami stress. Wujud dari stress bermacam-macam, di antaranya rewel, sering buang air kecil atau sakit-sakitan. Menghadapi anak yang demikian perlu kesabaran dan kearifan. Orangtua dituntut untuk lebih sabar dalam menyikapi kondisi anak, terutama pada hari-hari pertamamasuk sekolah. Bila tidak sabar dan salah dalam menyikapinya akan berakibat negatif agi perkembangan anak selanjutnya.

Agar anak lebih siap dalam menghadapi hari-hari pertama di sekolah orangtua bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Mengajak anak mengenal sekolah baruJauh hari sebelum sekolah ibu bisa mengajak anak untuk mengenal sekolah baru, melihat sekeliling sekolah seperti kelas, lapangan dan mainannya, kantin, berkenalan dengan guru-guru dan segala fasilitas yang ada di sekolah.

2. Mengijinkan anak melihat proses belajar di kelas Kenalkan anak dengan proses belajar di kelas dengan mengikuti pelajaran, meski hanya sebentar. Agar anak mengenal situasi belajar di dalam kelas.

3. Libatkan anak dalam mempersiapkan hari pertama masuk sekolah Ajaklah anak untuk turut mempersiapkan keperluan sekolahnya. Misalnya, seragam sekolah yang akan dipakai, alat tulis, tas, sepatu dan bekal yang akan dibawa. Anak perlu diberitahu untuk bangun pagi, sehingga persiapan tidak terburu-buru. Dengan demikian secara mental anak dipersiapkan untuk memasuki lingkungan sekolah yang baru.

4. Pastikan anak dalam kondisi sehat nak yang kurang sehat akan kondisi badannya lesu dan kurang bersemangat. Kondisi ini bisa menyebabkan anak tidak nyaman di kelas barunya. Maka, menjelang masuk sekolah hendaknya banyak istirahat. Beri anak sarapan sebelum berangkat agar anak bisa lebih konsentrasi dantidak rewel di kelas arena perut kosong.

5. Temani anak pada hari-hari pertama sekolah Untuk membesarkan hati anak ketika masuk sekolah, orang tua bisa menunggunya selama sekolah. Setelah anak terlihat merasa nyaman dengan teman dan gurunya. Ibu bisa mulai menunggu di area luar sekolah dan akhirnya ditinggal.

6. Amati keadaan anak Dengan menunggui anak secara langsung, orang tua bisa mengamati apa-apa yang menjadi kesulitan anak. Beri kesempatan anak untuk bercerita apa yang dialaminya. Bila ditemukan kesulitannnya, misalnya belum punya teman baru. Ibu bisa membantu dengan membesarkan hatinya dan mencari cara untuk mengatasi masalahnya. Hal-hal di atas hanya sebagian cara yang bisa ditempuh untuk memotivasi anak memasuki sekolah baru. Semoga bermanfaat dan bisa membantu ibu menemani putra melewati hari-hari pertama di sekolah nanti.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.