7 Penyebab Anak Sulit Tidur

Tidak jarang anak-anak sebelum tidur suka ingin hal-hal aneh yang menghambatnya untuk tidur. Orang tua dengan aktifitas di siang hari, tentu akan sangat menguras kesabaran. Meskipun demikian, hendaklah kita memperhatikan penyebab lainnya kenapa si kecil sulit tidur. Berikut ini adalah 7 Penyebab si kecil sulit tidur.

  1. Ada masalah kesehatan. Misalnya, akan tumbuh gigi, alergi, biang keringat, infeksi telinga, demam, infeksi saluran kencing, sakit perut, asma, batuk kronis, dsb.
  2. Lingkungan yang kurang nyaman. Misalnya, suhu atau cuaca yang terlalu panas atau dingin, tempat tidur basah, atau suara-suara berisik di sekitar rumah, dsb.
  3. Masalah pertumbuhan. Umumnya, anak-anak yang baru saja memiliki kemampuan baru, seperti baru bisa berjalan, biasanya akan mengalami kesulitan tidur karena ia sedang sangat bersemangat untuk berjalan dan berlari-lari. Ia ingin selalu mencoba kemampuan barunya itu terus-menerus. Begitu juga dengan kemampuan lain yang muncul dalam masa pertumbuhannya.
  4. Rasa cemas berpisah dari ibu. Jika si kecil tidak bisa berpisah dari Anda di pagi hari atau siang harinya, biasanya pada malam hari ia menjadi sulit tidur karena merasa takut ditinggal oleh Anda.
  5. Mimpi buruk. Anak-anak akan menjerit dan terbangun saat ia mendapatkan “mimpi buruk” saat tidur. Biasanya, balita akan memanggil-manggil ibunya dan meminta ditemani. Bagi mereka yang belum dapat menenangkan dirinya sendiri, ini lebih sulit, karena mereka bisa menangis sepanjang malam dan menolak untuk tidur kembali karena takut mimpi buruk itu akan kembali.
  6. Hal-hal baru. Ternyata, hal-hal baru dapat mengakibatkan anak-anak menjadi sulit tidur, karena pola tidurnya sendiri berubah. Lingkungan baru, misalnya. Saat ia pertama kali berkunjung ke rumah nenek atau kerabat, ia akan menjumpai lingkungan yang sangat baru sehingga ia merasa perlu untuk menjelajah. Atau bisa jadi karena hadirnya anggota keluarga baru, atau kepindahan ke rumah baru.
  7. Belum cukup lelah. Anak-anak yang tidak banyak beraktivitas di siang harinya, terkadang menjadi sulit tidur atau baru dapat tidur setelah agak larut malam.

Dari 7 hal tersebut semoga dapat menambah wawasan dan kesabaran orang tua terutama dalam menangani si kecil. Karena tetap saja tanpa mengetahui penyebab anak sulit tidur hanya akan menimbulkan emosi semata. Apalagi jika anak tidak didampingi orang tuanya hanya akan menyebabkan kegagalan untuk masa depan nya.

Post Author: tknuri

TK NURI adalah Taman Kanak-kanak pertama yang didirikan di Desa Kutawaringin Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.